Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Penyajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar merupakan salah satu bentuk usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan umum mengenai masalah-masalah yang mengkaji masalh manusia dan kebudayaan. Dengan adanya pelajaran ini mahasiswa tidak saja dapat menjadi seorang ahli di dalam suatu bidang tertentu tetapi juga memiliki wawasan kebudayaan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa tersebut dengan cara memperluas kemampuan kritikal terhadap nilai budaya, baik menyangkut diri sendiri, orang lain, dan alam sekitarnya. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat:

1. Mengusahakan dan meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama dalam lingkungan pekerjaan mereka kemudian.
2. Mengusahakan agar mahasiswa yang kelak akan menjadi penerus bangsa dan Negara tidak terjebak dalam masalah-masalah sosial yang yang dapat merugikan orang lain.
3. Memberi kesempatan pada mahasiswa untuk memeperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya, juga dapat mengkritisi persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Sehingga para mahasiswa dapat dengan lancer dan berdialog satu sama lain. 


Sumber : 
http://massofa.wordpress.com/2008/10/21/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/


date Rabu, 12 Oktober 2011

0 komentar to “Tujuan Ilmu Budaya Dasar”

Leave a Reply:

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email