Kebudayaan indonesia sangatlah banyak dan beragam, wajar akhir akhir ini banyak sekali kebudayaan Indonesia sering sekali di akui oleh bangsa lain, Keberagaman budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia sering kali mengundang perhatian dari negara – negara lain untuk ingin tahu lebih dalam tentang keunikan – keunikan budaya yang kita miliki. Indonesia terkenal sebagai bangsa yang luhur. Memiliki keragaman budaya yang tersebar di pelosok-pelosok nusantara. Dari kesenian, adat-istiadat hingga makanan melekat mewarnai keragaman bangsa ini. 
           
           Malaysia yang secara historis terbukti merupakan negara serumpun melayu dengan Indonesia yang perbedaannya nyaris sangat tipis membuatnya mencari identitas bangsanya sendiri. Malaysia memang tengah dilanda krisis identitas dikarenakan tidak adanya perbedaan yang signifikan dengan budaya asli Indonesia.  Malaysia sebagai negara yang juga menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang mengusung tema kebudayaan tradisional khas negaranya mengharuskannya untuk memiliki kekayaan budaya tradisional yang beragam dan menarik untuk dijual kepada turis mancanegara yang berkunjung ke sana. Selain itu sebuah fakta menarik mengungkapkan bahwa Malaysia adalah salah satu negara transit bagi turis-turis asing yang hendak mengunjungi Indonesia terutama Bali. Hal ini membuat Malaysia berusaha untuk mempertahankan para turis asing agar menetap lebih lama di sana. Salah satu caranya adalah dengan menyuguhkan pertunjukan budaya-budaya yang membuat para turis tertarik dan betah untuk menikmati bahkan mempelajari budaya tersebut. Sehingga tak jarang mereka suguhkan pula budaya-budaya Indonesia yang memang memiliki nilai seni tinggi untuk kancah internasional.

Dari segi Pemerintahan Indonesia yang terkesan menutup mata terhadap masalah ini, penyebab utamanya adalah karena kebijakan luar negeri RI terlalu berfokus pada masalah-masalah internasional sehingga seolah melupakan masalah-masalah dalam negeri Indonesia sendiri. Pemerintah Indonesia yang mengorientasikan fokusnya pada masalah kerjasama internasional dengan negara-negara besar seperti Amerika, Cina, dan Jepang atau ikut ambil andil dalam isu-isu global seperti perubahan iklim dan human trafficking menjadikan posisi Indonesia lemah dalam hal diplomasi serumpun. Pemerintah cenderung terus mengedepankan jalan perdamaian terhadap tetangga yang justru melakukan hal sebaliknya. Akbatnya adalah martabat Indonesia yang dapat dengan mudah dilecehkan oleh negara serumpun seperti Malaysia.

Keadaan geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia sepertinya membuat Pemerintahan Indonesia kewalahan  jika harus bekerja sendirian dalam pelestarian budaya. Indonesia memiliki suku bangsa yang sangat beragam sehingga berimplikasi pada tingkat keanekaragaman kebudayaan yang sangat tinggi. Dalam hal ini rakyat Indonesia sebagai pemilik sah kebudayaan yang kaya tersebut sepatutnya ikut menjaga, melestarikan, dan mengeksplorasi kebudayaan-kebudayaan dalam negeri untuk dapat berbicara banyak di pentas internasional.

       Apresiasi yang kurang dari dalam negeri terhadap seni dan budaya yang dimiliki bangsa merupakan faktor lain yang membuat klaim-klaim semacam ini dapat dengan mudah terjadi. Rasa kepemilikan terhadap budaya bangsa, baru akan mencapai tingkat yang sangat tinggi saat ada budaya bangsa yang diklaim oleh negara lain. Langkah preventif guna meminimalisasi klaim dari negara lain tidak pernah dilakukan. Setelah adanya klaim, barulah secara serentak rakyat Indonesia meneriakkan nasionalisme semu yang sama sekali tak bisa dibanggakan.

Budaya bangsa memiliki fungsi penting bagi negara Indonesia. Budaya merupakan warisan nenek moyang secara kolektif. Warisan ini memiliki fungsi psikologis sebagai ikatan negara Indonesia dengan nenek moyang. Setiap budaya warisan nenek moyang memiliki makna psikologis. Dari tinjauan antropologi warisan nenek moyang menyimbolkan warisan akal budi atau olah budi nenek moyang yang seharusnya dijaga kelestariannya. Tinjauan sosiologis menunjukkan nilai-nilai atau norma sosial yang berlaku pada masa tertentu tergambar dalam warisan budaya nenek moyang. Jadi tidak salah bila budaya bangsa merupakan identitas bangsa. Mari kita sebagai generasi muda menjunjung tinggi budaya bangsa, mencintai budaya bangsa karena budaya bangsa Indonesia itu keren…..


date Jumat, 26 Oktober 2012

0 komentar to “Klaim Budaya Indonesia”

Leave a Reply:

Diberdayakan oleh Blogger.