Seiring dengan masuknya era globalisasi saat ini, turut mengiringi budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia. Di zaman yang serba canggih ini, perkembangan kemutahiran tekhnologi tidak dibarengi dengan budaya-budaya asing positif yang masuk. Budaya asing masuk ke negeri kita secara bebas tanpa ada filterisasi. Pada umumnya masyarakat Indonesia terbuka dengan inovasi-inovasi yang hadir dalam kehidupannya, tetapi mereka belum bisa memilah mana yang sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku dan mana yang tidak sesuai dengan aturan serta norma yang berlaku di negara Republik Indonesia.

Budaya asing yang masuk ke indonesia membawa dampak yang sangat besar dalam kehidupan generasi muda saat ini. Tidak semua budaya asing membawa dampak positif bagi generasi muda saat ini,untuk itu kita sebagai generasi muda harus dapat memilah-milah budaya asing yang masuk ke indonesia.Dalam menyikapi kebudayaan yang masuk kita harus berupaya menanggulanginya agar jati diri kita sebagai anak bangsa tidak rusak.

Banyaknya tindak kejahatan yang terjadi saat ini juga tidak lepas dari budaya asing yang masuk, tindak kriminal, narkoba, tawuran, perkosaan, pergaulan bebas terjadi karena generasi muda kita meniru kebudayaan asing yang menurut mereka sudah tidak tabu lagi untuk diikuti. Inilah fenomena yang terjadi pada generasi muda kita saat ini akibat tidak bisa memilah budaya asing yang masuk. Dalam hal ini pemerintah dan juga kita sebagai generasi muda mulai saat ini, jangan begitu saja menerima budaya asing yang masuk agar generasi muda Indonesia tidak hancur dan kita semua dapat membangun Indonesia menjadi negara yang maju tanpa pengaruh budaya asing.

Yang lebih parahnya lagi, gaya hidup seks bebas yang sepertinya sudah lazim dikalangan para remaja. Awalnya, mereka hanya menonton film porno yang didapat dari internet, kemudian timbul rasa mereka ingin mencoba hal itu dan akhirnya terjadi berbagai kemungkinan yang berbahaya, diantaranya hamil diluar nikah, tertularnya virus HIV/AIDS. Usia muda diibaratkan bagai bunga yang baru mekar, sehingga pikiran mereka masih labil. Mereka hanya memikirkan nafsu sementara saja tanpa memikirkan apa yang akan terjadi nantinya.

Cara memfilter budaya asing yang masuk
Ada beberapa tindakan antisipasi yang dapat dilakukan remaja Indonesia terhadup pengaruh budaya asing yang sifatnya negatif, diantaranya :

  1. Bersikap kritis dan teliti Kita harus bersikap kritis dan teliti dalam menerima budaya asing yang masuk, kita harus mengetahui apakah budaya ini sesuai atau tidak dengan norma-norma yang berlaku dengan mencari informasi dan banyak bertanya mengenai dampak-dampak dari budaya tersebut. 
  2. Perluas Ilmu Pengetahuan (IPTEK). Kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah fungsi dan dampak dari budaya tersebut agar kita tidak menyalahgunakannya.
  3. Tanamkan “Aku Cinta Indonesia”. Maksudnya adalah bahwa adat istiadat dan budaya yang dibawa leluhur kita adalah benar adanya dan memberikan dampak positif bagi kemajuan bangsa indonesia, sehingga kita tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang masuk ke Indonesia. 
  4. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Agama merupakan pondasi utama yang bisa mengontrol diri kita terhadap hawa nafsu yang akan membawa kita ke dalam jurang kenistaan. Agama yang akan menuntun kita disaat langkah kita tersesat.
Memupuk Kesadaran Remaja Indonesia terhadap pentingnya melestarikan budaya indonesia
Langkah-langkah untuk menimbulkan kesadaran remaja akan pentingnya budaya indonesia adalah :
  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misalnya dengan mencintai produk dalam negeri.
  2. Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dengan sebaik-baiknya
  3. Melalui acara memperingati hari besar nasional
  4. Memberikan pendidikan moral
  5. Memperkenalkan budaya indonesia
  6. Menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai agama dengan sebaik-baiknya
  7. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar-benarnya dan seadil-adilnya 
  8. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, dan sosial budaya bangsa

Dengan adanya langkah-langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis dan memfilter pengaruh budaya asing yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa, sehingga kita tidak kehilangan kepribadian bangsa.





 

date Sabtu, 20 Oktober 2012

0 komentar to “Pengaruh Budaya Asing Terhadap Generasi Muda”

Leave a Reply:

Diberdayakan oleh Blogger.